Hal Kecil yang Mengubah Sejarah Dunia Secara Drastis

Hal Kecil yang Mengubah Sejarah Dunia Secara Drastis

Liputan6.com-Sejarah tenggelamnya kapal Titanic merupakan kejadian yang terjadi pada masa lalu dan tak dapat diubah. Apa yang kita alami saat ini pun tak dapat dipisahkan dari masa lalu.

Salah satu contohnya kemerdekaan suatu negara tidak bisa dilepaskan dari perjuangan para pahlawan yang berpuluh bahkan beratus-ratus tahun berjuang untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan.

Perlu anda ketahui sejumlah sejarah penting maupun mematikan merupakan hasil dari kesalahan kecil maupun sebuah ketidaksengajaan yang tidak pernah terbayangkan.

SEJARAH bisa terjadi se­cara brutal seka­ligus menarik. Semua itu ter­gantung pada siapakah orang-orang yang melakukan. Beberapa peristiwa ter­pen­ting dan paling mengeri­kan dalam sejarah ma­nusia adalah hasil dari kesalahan kecil yang tak terbayangkan dan terkadang ha­nya kecelakaan hasil ketidak­sengajaan.

Sejumlah peristi­wa besar da­lam sejarah juga dikaitkan de­ngan sejumlah peris­tiwa kecil yang mengawalinya.

Tenggelamnya Kapal Titanic dan Peristiwa Dalam Sejarah

Hal Kecil yang Mengubah Sejarah Dunia Secara Drastis
Hal Kecil yang Mengubah Sejarah Dunia Secara Drastis

Tepatnya 15 April 1912 sekitar 110 tahun lalu, kapal laut Inggris RMS Titanic tenggelam di Samudera Atlantik Utara.

Kapal ini merupakan salah satu kapal laut yang terbesar dan termewah pada zamannya. Kapal itu dielu-elukan oleh orang-orang.

Tenggelamnya Kapal pada kedalaman 400 mil atau 644 kilometer di selatan Newfoundland Kanada tepat pada pukul 02.20 waktu setempat.

Kapal itu membawa 2.200 penumpang dan awak. Sebanyak 1.500 orang meninggal dan 700 orang lainnya selamat. Kapal itu pun tenggelam setelah menabrak gunung es.

Pria yang bernama David Blair diberikan tugas sebagai petugas kedua kapal Titanic, Namun tugasnya itu diganti.

Ketika Blair pergi ia pun tak sengaja menyimpan kunci loker bersamanya. Diyakini di loker tersebut terdapat teropong yang seharusnya dapat digunakan kru kapal untuk mengamati keadaan sekitar.

Kunci tersebut merupakan benda yang berharga karena diyakini dapat mencegah terjadinya tenggelam kapal Titanic. Kunci tersebut dibeli oleh seorang pria China seharga 90.000 pound sterling (Rp 1,5 miliar) dalam sebuah lelang.

Setelah itu Titanic pecah menjadi 2 bagian hingga kapal tenggelam ke dasar samudera.

Sejumlah warga dari Amerika dan Inggris tewas. Saat itu diantaranya jurnalis Inggris yang terkenal yaitu William Thomas Stead dan pewaris kekayaan, yaitu Straus, Astor, dan Guggenheim.

Diketahui detail dari tragedi itu menyebabkan kemarahan di kedua sisi Atlantik.

Kapal Titanic baru ditemukan 1 September 1985 oleh ekspedisi gabungan AS-Perancis. Kapal tersebut ditemukan tergeletak di dasar laut pada kedalaman 13.000 kaki atau sekitar 4 kilometer.

Baca Juga : Sejarah Dunia Militer dan Minyak