Peristiwa Bersejarah di Dunia Abad 18

Peristiwa Bersejarah di Dunia Abad 18

Banyak peristiwa bersejarah yang tercatat di abad ke-18. Yang di anggap sebagai titik balik peradapan dalam sejarah dunia. Beragam pemikiran dan tindakan revolusioner bermunculan.

Diantara sekian banyak peristiwa, Revolusi industri adalah salah satu yang paling fenomenal pada era pencerahan dan sebagai titik balik peradapan dalam sejarah dunia.

Selain itu banyak kejadian lainnya seperti tercetusnya perang di Eropa, Kolonisasi hingga penentangan sistem sosial dan kekuasaan turut terjadi di beberapa belahan dunia pada rentang tahun 1701-1800.

Sejarah: Kemunculan Koran Harian Pertama di Inggris

Terbitnya Koran pertama di Inggris di awali oleh London Gazette yang masih koran berkala. Inggris mengenal koran hariannya yang pertama dengan terbitnya The London Daily Caurant pada tahun 1702.

The Times Koran Inggris yang terbit sejak abad ke-18 hingga kini pertama kalinya memakai sistem cetak rotasi. Meski begitu koran memang punya peminatnya tersendiri entah karena nostalgia atau cara membacanya.

Sejak era reformasi pada tahun 1998, Memang koran-koran baru muncul seolah menjadi penanda dimulainya era demokrasi. Berbagai macam surat kabar berlomba menampilkan ciri khasnya masing-masing. Sayang eurofia itu lambat laun melandai industri surat kabar dimulai bertumbangan. Baik karena persaingan atau terdistrupsi perkembangan zaman.

Lembaran London 1666 konon adalah surat kabar pertama berbahasa Inggris. Namun penerbitnya ditangkap karena surat kabar yang terbit tanpa otoritas. Akibatnya seluruh copy-nya dimusnahkan. Surat kabar tersebut merupakan kesuksesan perdana dari berita Boston pada 1702 diponir oleh sorang Postmaster John Campbell.

Ada sekitar 43 surat kabar yang dicetak pada tahun 1783. Pada saat itu Pers sangat berperan dalam urusan negara baru. Akan tetapi surat kabaryang merepresentasikan nuansa pendapat politik. Banyak surat kabar yang menggambarkan kekacauan republik karena memprioritaskan kepentingan kekuasaan.

Kini kita sudah melihat banyak contoh perusahaan koran yang tutup untuk beralih ke format daring. Tak terkecuali di Tanah Air. Tapi meski sudah diserbu digitalisasi, Surat kabar sejauh ini tetap memiliki penggemarnya

Baca Juga : Penemuan Pertama Laser dan CT Scan di Dunia