Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Sejarah komputer- siapa sih yang tidak tahu dengan komputer? Semua pasti sudah tidak asing dengan komputer bahkan juga pasti sering menggunakannya.
Komputer yang serasal dari bahasa latin ” computare”
yang artinya menghitung.

Tahukan kamu bagaimana sejarah dan pengembangan komputer dari generasi ke generasi? Mari simak ulasan untuk menambah pengetahuan kamu.

Perkembangan komputer terjadi sejak sebelum tahun 1940-an atau yang disebut era mekanik dan setelah 1940-an atau era generasi komputer elektronik.

Komputer ini digunakan sebagai alat untuk mengolah data sesuai dengan perintah yang telah di program. Dilansir dari Bakti Kominfo. komputer adalah peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yaitu monitor, CPU, keyboard, mouse, dan juga printer. yang bekerja sama menghasilakn informasi sesuai data dan program.

Sejarah Komputer dan Bagaimana Pengembangannya, Siapa penemunya?

Penemu Komputer

Tokoh penting yang dikendal sebagai penemu komputer pertama adalah Charles Babbage pada tahun 1822 yang berasal dari Inggris. Ia merupakan seoarang ahli Matematika.

Mulanya ia hanya bermaksud menciptakan sebuah mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka dan nama mesin tersebut diberi nama “Difference Engine 0”

Sejarah komputer dalam pengembangannya dibagi menjadi 5 generasi yang dimulai sejak tahun 1940:

Generasi Pertama 1940-1959
Masa Perang Dunia II berlangsung, Negara yang terlibat berusaha untuk mengembangkan komputer guna mengeksploitasi potensi komputer.

Komputer dengan bentuk yang besar dan menggunakan tabung hampa udara. Perkembangan komputer pertama kali dipelopori oleh Conrad Zuse dari jerman pada tahun 1941 yang menciptakan komputer bernama Z3 untuk merancang pesawat dan peluru.

Kemudian Inggris membuat komputer bernama Colossus untuk memecahkan kode rahasia jerman.

Generasi Kedua 1959-1965
Komputer Generasi kedua adalah teknologi transistor dan mulai diciptakan pada 1959.

selain itu, kapasitas memori ini cukup besar dengan proses operasi yang cepat. kelemahan pada mesin cepat panas dan beresiko merusak mesin lainnya. Contohnya komputer DEC PDP-8.

Generasi Ketiga 1965-1971
Komputer generasi ketiga merupakan komputer pertama yang dapat berinteraksi dengan keyboard dan monitor.

  • Ciri-ciri komputer generasi ketiga:
    – Listrik lebih hemat.
    – Perangkat lunak lebih berkembang.
    – Harga semakin terjangkau.
    – Kapasitas penyimpanan lebih besar.
    – Mmapu berkomunikasi dengan komputer lain.
    – Mengguanakan

Generasi Keempat 1971-1980
komputer pada Generasi keempat menggunakan komponen dasar microprocessor atau chip microprocessor yang mengandung ribuan transitor dan bermacam elemen sirkuit saling terhubung.

Era ini juga mulai memunculkan laptop yang lebih ramping dan praktis untuk di bawa ke mana pun.

Generasi Kelima
Komputer Generasi kelima sudah mengalami perkembangan teknologi yang jauh lebih pesat. Generasi terbaru ini dianggap sebagai generasi pentium karena penggunaannya sebagai salah satu mikroprosesor yang dianggap paling canggih.

Baca Juga : Sejarah Misteri Kematian Napoleon Bonaparte di Pengasingan