Sejarah Penemuan Kartu Kredit Di Dunia

Sejarah Penemuan Kartu Kredit Di Dunia

Sejarah Penemuan <yoastmark class=

Dari inkarnasi aslinya sebagai kartu Diner’s Club dari karton hingga varietas yang tertanam chip logam berat yang akan Anda temukan saat ini. Premis mendasar di balik kartu kredit tetap sama. Kartu kredit adalah metode untuk membeli sekarang dan membayar Nanti.

Asal Usul Penemuan Kartu Kredit Di dunia Hingga Saat Ini

Ada ratusan jenis kartu kredit yang tersedia di pasaran saat ini yang terbuat dari plastik, logam bahkan hanya disimpan di smartphone.

Mulai dari kartu kredit (yang harus dibayar penuh setiap akhir bulan) hingga kartu kredit bergulir (yang memungkinkan Anda “berputar” atau membawa saldo dari bulan ke bulan) hingga kartu yang menawarkan berbagai macam kartu lainnya. fitur.

Pergerakan uang kartu kredit juga telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Mulai dari mengambil cetakan fisik kartu hingga menggesek, mencelupkan, mengetuk, atau melambaikan informasi Anda di terminal pembayaran.

Konsep kredit dapat dikatakan sudah ada sejak setidaknya 5.000 tahun yang lalu di Mesopotamia kuno.

Prasasti pada tablet tanah liat dari periode waktu tersebut menunjukkan catatan transaksi antara Mesopotamia. Dan pedagang tetangga dari Harappa. Dan merupakan salah satu contoh perjanjian paling awal yang diketahui untuk membeli sesuatu pada saat ini tetapi membayarnya nanti.

Ribuan tahun kemudian, surat utang kuno ini digantikan oleh versi paling awal dari kartu toko, di mana pedagang di wilayah Barat Lama akan mengeluarkan barang kepada petani dan peternak yang tidak memiliki uang di muka untuk membeli persediaan.

Para pedagang akan mengeluarkan koin logam atau piring-piring kecil sebagai tanda terima pinjaman. Dan ketika para petani memanen hasil panen mereka. Dan para peternak menjual ternak mereka, mereka akan membayar kembali kepada pedagang tersebut.

Seiring berjalannya waktu, placeholder untuk pembayaran penuh ini berkembang di AS menjadi versi yang lebih mirip dengan kartu yang kita kenal sekarang.

Iterasi pertama kartu toko dikenal sebagai pelat biaya, yang dipopulerkan oleh sistem pembukuan pelat Charga. Pelat logam bergaya dog-tag ini digunakan pada tahun 1930-an. Hingga 1950-an oleh department store yang masing-masing menerbitkan pelat tokonya sendiri kepada pelanggannya.

Baca Juga : Kisah Rasulullah Diminta Kaum Quraisy Membelah Bulan