Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

KOMPAS.com – Internet adalah sebuah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi ke seluruh dunia.

Hasilnya ialah sekumpulan komputer, pusat data, server, satelit, dan menara WiFi yang memungkinkan informasi digital sudah menyebar ke seluruh dunia.

Infrastruktur ini juga membuat Anda bisa belanja online. membagikan kehidupan di media sosial dan mengirim email.

Meskipun sudah akrab dengan internet. Anda mungkin belum sepenuhnya paham apa itu yang dimaksud internet. Ia adalah singkatan dari Interconnected Network. Sebagai jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer ke seluruh dunia. Internet memungkinkan Anda bisa berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja.

Asal Usul Internet Di Dunia Hingga Saat ini

Dilansir dari laman Science and Media Museum. Asal-usul berkembangnya di Amerika Serikat (AS) pada tahun 1950. Saat Perang Dingin mencapai puncaknya.

AS menyadari bahwa mereka membutuhkan sistem komunikasi yang tidak terpengaruh oleh serangan nuklir Uni Soviet.

Pada saat itu, komputer adalah mesin besar dan mahal yang secara eksklusif digunakan oleh ilmuwan militer dan staf universitas.

Mesin-mesin itu sangat kuat namun jumlahnya terbatas dan para peneliti membutuhkan akses ke teknologi. Tetapi harus menempuh jarak yang jauh agar dapat menggunakannya.

Kesulitan dalam menggunakan sistem seperti itu membuat berbagai ilmuwan dan organisasi meneliti kemungkinan untuk menciptakan jaringan komputer dalam skala besar.

Sebelum iterasi Internet saat ini jaringan jarak jauh antar komputer pertama kali dilakukan dalam percobaan di tahun 1969 oleh dua tim peneliti di UCLA dan Stanford.

Meskipun sistemnya macet selama upaya awal agar bisa masuk ke komputer lain. para peneliti yang dipimpin oleh Leonard Kleinrock ini berhasil membuat jaringan two-node pertama.

Ketika teknologi jaringan pertama kali dikembangkan. sejumlah ilmuwan menyatukan penelitian mereka untuk menciptakan apa yang dikenal dengan internet. Perkembangan hingga menjadi sekarang ini tidak terlepas dari beberapa peristiwa penting yang turut mewarnai perjalanannya.

Itulah sejarah singkat seputar perkembangannya di dunia. Sangat menarik, bukan? Dari tahun ke tahun penelitian ini terus dilakukan agar membuat internet semakin tumbuh dan berkembang. Manfaatnya pun sudah kita rasakan di segala bidang.

Baca Juga : Peristiwa Bersejarah Pemberontakan Mau Mau