Virus Corona Penyebab Covid-19

Asal Usul Virus Corona, Virus Penyebab Wabah Covid-19

Sejak penelitian ilmiah di tahun 1960-an virus corona sudah diketahui ada. Penyakit yang ditimbulkan akibat penyebaran virus ini pun berbeda-beda. Corona adalah salah satu jenis dari keluarga besar virus yang tidak beredar hanya dihewan tetapi juga manusia. Virus ini bersifat Zoonosis atau bisa menular antara hewan dan manusia. Virus Corona Penyebab Wabah Covid-19.

Penyebab Covid-19 yang ditemukan pada akhir tahun 2019 adalah varian virus Corona baru. Jenis virus baru yang berbeda dengan yang ditemukan puluhan tahun lalu. Kasus pertama virus corona pada manusia, pertama kali diteliti oleh David Arthur John Tyrrell dan Malcolm L Bynoe pada 1965. Mereka menemukan banyak virus dan mengkelompokkan virus-virus tersebut. Kelompok virus tersebut dinamakan virus corona karna terlihat seperti memiliki mahkota jika dilihat dari mikroskop. Corona pun diterima sebagai jenis virus genus baru.

Terdapat jenis virus yang berasal dari genus virus corona :

  • Respiratory Syndrome Coronavirus (SARS-CoV)
  • Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV)
  • Swine Acute Diarrhoea Syndrome Coronavirus (SADS-CoV)
  • HCoV-NL63, HCoV-229E, HCoV-OC43 dan HCoV-HKU1 yang menyebabkan penyakit pernafasan ringan pada pasien inumkompeten.

Wabah virus Corona yang terjadi ditahun 2019 bermula di wuhan, Provinsi Hubei China. Virus baru ini diduga bersumber dari kelelawar yang menular ke hewan lain sebelum menjangkit manusia. Meski bentuknya mirip SARS, perbedaan karakter membuat virus ini dinamakan SARS-CoV-2 dan ini lah virus yang menyebabkan Covid-19.

Sebanyak 57.049 kasus Covid-19 bertambah setiap harinya di puncak sebaran varian Omicron. Angka tersebut adalah penambahan kasus harian tertinggi sejak kasus Covid-19 pertama kali muncul di Indonesia.  Dilansir dari Detik.com Indonesia menjadi negara ke-5 dengan kasus Covid-19 terbanyak didunia.

Baca Juga : Dibuka Kembali, Ini Sejarah Gunung Bromo yang Terbakar.