Sejarah Ditemukannya Pesawat dan Tokoh Penemunya

Sejarah Ditemukannya Pesawat dan Tokoh Penemunya

Tokoh yang menemukan pesawat terbang ialah Wilbur Wright dan Orville Wright,mereka merupakan saudara yang lebih dikenal dengan sebutan Wright brothers.

Dua bersaudara ini berasal dari Amerika dan keduanya merupakan manusia yang diakui pertama kali menemukan pesawat terbang. Yang mesinnya bisa dikendalikan oleh manusia.

Meskipun keduanya merupakan dua saudara kandung namun keduanya memiliki tempat yang lahir berbeda. Wilbur Wright dilahirkan pada 16 April 1867 dimana dirinya lahir di Millville,Indiana.

Sedangkan Orville Wright lahir pada 19 Agustus 1871 di daerah Dayton yang ada di Ohio. Kedua bersaudara ini memiliki persamaan dimana merupakan ahli di bidang mekanika. Dan memiliki tujuan yang sama yaitu ingin menerbangkan manusia ke angkasa.

Oleh sebab itu keduanya mulai merancang pesawat keduanya pada 17 Desember 1903. Dimana pesawat yang pertama kali mereka terbangkan memiliki ketinggian pada 852 kaki.

Melihat rancangan pesawat yang sudah mereka buat memiliki perkembangan. Membuat keduanya lebih bersemangat lagi mengembangkan rancangan tersebut.

Bertahun-tahun mereka gunakan untuk membuat rancangannya lebih sempurna lagi. Dimana keduanya ingin membuat dan menyempurnakan bentuk pesawatnya menjadi bentuk modern seprti sekarang.

Baca Juga : Sejarah Elizabeth Báthory Bangsawan Psikopat

Hal yang menarik dari kedua bersaudara ini adalah  sebelum meneliti dan mengembangkan pesawat mereka merupakan seorang yang memiliki tokoh. Yaitu tokoh sepedan, dimana mereka mengumpulkan dananya untuk penelitian yang mereka buat.

Jadi dalam merancang dan membuat pesawat ini keduanya memerlukan waktu sampai akhirnya dananya terkumpul.

Setelah pesawat pertama yang mereka rancang berhasil terbang di udara. Kemudian keduanya kembali membuat pesawat kedua yang diberi nama Flyer 2. Yang diterbangkan sampai 105 kali,dimana hal ini tentu saja menarik perhatian publik.

Dan pada tahun 1905 keduanya membuat kembali rancangan tersebut yang diberi nama Flyer 3. Dimana pesawat ini merupakan hasil penggabungan dan percobaan dari peswat yang sebelumnya.

Pesawat ini juga berhasil mereka terbangkan bahkan sampai terbang di kota Dayton. Dan pada tahun 1908 tepatnya pada 17 September keduanya mulai mencoba meyakinkan masyarakat.

Wilbur mulai menerbangkan pesawat tersebut di Perancis dan mulai melakukan demonstrasi di akrobatik udara. Sedangkan Orville melakukan hal sama yang dilakukan oleh Wilbur hanya saja dia melakukannya di udara negara Amerika.

Dengan keberhasilan tersebut keduanya langsung menandatangani kontrak pembuatan pesawat dengan dapertemen yang berada di Amerika Serikat. Dan keduanya juga langsung mengajukan hak paten atas ciptaannya tersebut ke pengadilan.

Namun setelah beberapa tahun pencapaian keduanya Wilbur dikabarkan meninggal dunia di tajun 1912 karena terserang penyakit demam tifoid.

Sedangkan Orville menjual saham perusahaannya kepada pengusaha di tahun 1915 dan meninggal pada tahun 1948 di Ohio.