Letusan Gunung Terdahsyat Yang Tercatat Dalam Sejarah

Letusan Gunung Terdahsyat Yang Tercatat Dalam Sejarah

Letusan gunung terjadi karena adanya endapan magma di dalam perut bumi yang kemudian didorong keluar oleh gas bertekanan tinggi.

Setiap gunung yang dikatakan aktif pasti memiliki kandungan magma didalamnya yang bisa keluar sewaktu-waktu. Kandungan magma ini dikeluarkan lewat letusan gunung, bersamaan dengan material lainnya seperti bebatuan, awan panas, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyaknya letusan yang pernah terjadi, terdapat beberapa letusan gunung yang paling dahsyat di dunia, sehingga tercatat dalam sejarah. Efek yang dihasilkan dari letusan ini dapat mempengaruhi iklim bahkan bisa memicu terjadi nya bencana alam lainnya seperti gempa bumi, tsunami dan bencana lainnya.

<yoastmark class=

5 Letusan Gunung Terdahsyat Di Dunia

 

1. Gunung Tambora, Indonesia (1815)

Dilansir dari situs Volcano Discovery. Selama kurun waktu sepuluh ribu tahun terakhir letusan Gunung Tambora merupakan letusan terdahsyat di planet bumi. Gunung ini terletak di Pulau Sumbawa, NTB, Indonesia.

Dampak dari letusan ini hingga ke Eropa dan Amerika Utara. Musim dingin lebih panjang dan mengakibatkan cuaca ekstrim di berbagai belahan dunia.

2. Gunung Krakatau, Indonesia (1883)

Gunung yang tereletak di Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, tepatnya di perairan Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatra. Letusan dahsyat gunung ini terjadi pada tanggal 26-27 April 1883.

Bunyi dari letusannya terdengar sampai Alice Springs, Australia serta Pulau Rodrigues, Afrika, yang berjarak 4.653 kilometer. Akibat dari letusan ini menimbulkan tsunami setinggi 40 meter dan kondisi bumi menjadi gelap selama 2 hari karena debu vulkanik.

BACA JUGA :Kolonel Paul Tibbets, Sosok Pilot Yang Menjatuhkan Bom Atom

3. Gunung Vesuvius, Italia (79 Masehi)

Letusan tersebut melontarkan abu dan batu apung sejauh 10 mil ke langit dalam bentuk awan jamur.

Letusan terjadi pada Pada 24 Agustus 79 M, Akibat dari letusan tersebut membuat Kota Pompeii dan Herculaneum, Italia terkubur oleh abu dan bebatuan setinggi 19 kaki.

4. Gunung Unzen, Jepang (1792)

Letusan ini dianggap sebagai letusan gunung terdahsyat dan paling mematikan di Jepang. Letusan ini juga mengakibatkan tsunami setinggi 100 meter dan merupakan tsunami terparah yang pernah malanda Jepang. Tsunami terjadi karena adanya bagian kubah gunung berapi yang jatuh ke laut.

5. Gunung Mont Pelee, Karibia (1902)

Awalnya gunung ini dianggap tidak aktif, tetapi pada 8 Mei 1902 gunung Mont Pelee meletus dan menghancurkan seisi Kota St. Pierre. Letusan ini disebut sebagai letusang gunung terdahsyat dan terburuk pada abad ke-20.