Candi-Candi di Indonesia Dengan Sejarah Menarik-Nya

Candi-Candi di Indonesia Dengan Sejarah Menarik-Nya

Candi yang ada di Indonesia merupakan bukti sejarah bahwa bangsa kita dahulu sudah memiliki peradaban yang maju.
Sebagai bagian dari generasi bangsa kita setidaknya perlu tahu dan  mengenal sejarah maupun budaya yang ada pada negara kita tercinta kita ini sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan nya.

Mari kita ulas beberapa candi-candi di Indonesia:

1. Candi Kalasan

Jika ditelusuri secara teliti, Candi Kalasan telah dibangun sejak 778 Masehi. Candi ini berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran yang cukup besar, yaitu 34 x 54 meter.

Setiap sisinya terdapat pintu dan ornamen-ornamen indah yang cukup jelas terlihat. Salah satu keunikan candi ini adalah hampir seluruh ornamen candi ini dilapisi olehvaljralepaatau semen kuno. Lapisan ini mampu melindungi bangunan dari jamur dan lumut.

2. Candi Sewu

Nah untuk warisan budaya yang kedua ialah Candi Sewu berada di Jalan Raya Solo KM 16, Sleman. Meski dinamakan “sewu” atau yang berarti seribu, ternyata candi ini hanya memiliki kurang lebih 249 bangunan.

Salah Satu keunikannya adalah kamu akan menemukan arca Dwarapala atau patung raksasa penjaga berukuran 2,3 meter di setiap pintu masuk.

Baca Juga : Seniman yang Dianggap Gila Semasa Hidupunya, Van Gogh

3. Candi Dieng

Termasuk di dalam bagian kompleks Dataran Tinggi Dieng dan merupakan peninggalan kerajaan Hindu, Candi Dieng. Sebagai bangunan keagamaan tertua di Jawa dan merupakan peninggalan Kerajaan Kalingga.

Candi ini juga memiliki bentuk yang lebih sederhana dan tidak mengandung banyak ornamen Namun, jika dihitung maka jumlah bangunan yang cukup banyak membuatnya cukup menarik.

4. Candi Cetho

Candi yang terletak di daerah karanganyar, Solo. Berada sekitar 40km dari pusat kota solo. Berlokasi tepat di lereng gunung Lawu atau pada ketinggian 1496 mdpl.

Merupakan bagian dari candi hindu, candi ini masih menjadi tempat mujuaan peduduk setempat penganut kejawen. Tidak sampai disitu candi ini juga memiliki keindahan yang menampilkan budaya hindu yang ada pada masa itu.

Tamnpilan tersebut terlihat sangat jelas dalam candi yang dibangun pada masa tersebut.