8 Virus Paling Mematikan Dalam Sejarah Sebelum Virus Corona

8 Virus Paling Mematikan Dalam Sejarah Sebelum Virus Corona

Sebelum virus Corona melanda dunia, manusia sudah memerangi virus paling mematikan sejak dulu, bahkan jauh sebelum COVID-19. Untuk mengatasi infeksi virus, sudah ada vaksin dan obat sehingga penularannya tidak lagi menyebar secara luas.

Dalam beberapa dekade terakhir, sejumlah virus dari hewan yang berpindah manusia berhasil memicu wabah yang cukup besar, sampai merenggut nyawa banyak orang.

BACA JUGA : Candi Borobudur, Situs Warisan Budaya Dunia

Inilah 8 Virus Paling Mematikan di Dunia Sepanjang Sejarah Sebelum Virus Corona

 

1. Virus Marburg

Para ilmuwan mengidentifikasi virus Marburg pada tahun 1967. Virus ini mirip dengan Ebola karena kedua virus ini memiliki gajala seperti demam berdarah, kerusakan organ tubuh, hingga kematian.

 

2. Virus Ebola

Penyakit virus Ebola adalah penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus Ebola. Wabah ini sudah terdeteksi sejak tahun 1976. Seseorang yang terinfeksi virus ini, memiliki gejala yang serupa dengan demam berdarah.

 

3. Rabies

Virus ini biasanya terdapat pada hewan anjing, kucing, dan kera yang terkena rabies. Rabies menular kepada manusia melaui gigitan hewan yang terinfeksi. Hingga saat ini masih menjadi permasalahan bagi beberapa negara, seperti di India dan Afrika.

 

4. HIV

HIV dijuluki sebagai Pembunuh Terbesar karena sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkannya. Virus ini sudah dikenali sejak tahun 1980-an. Sejak saat itu, HIV diperkirakan sudah memakan korban sekitar 32 juta orang.

 

5. Cacar

Penyakit Cacar disebabkan karena virus Varicella. Virus yang dikenali sejak ribuan tahun yang lalu ini sudah membunuh satu dari tiga orang yang terinfeksi dan pada abad ke-20, cacar telah membunuh sekitar 300 juta orang.

 

6. Virus Flu Spanyol

Virus ini mirip dengan Virus Corona yang memiliki gejala influenza, penularan yang cepat, dan menyebabkan kematian. Wabah ini terdeteksi sejak tahun 1918 yang menewaskan sekitar 50 juta orang. Bahkan manjadi salah satu faktor perdamaian perang dunia pertama, karena pada saat itu terdapat banyak tentara yang meninggal akibat virus ini.

 

7. Virus Dengue

Pada tahun 1950-an, Virus Dengue muncul di Filipina dan Thailand untuk pertama kalinya. Sejak saat itu, menyebar keseluruh wilayah tropis dan subtropis di dunia. Virus ini dibawa oleh nyamuk dan mengakibatkan sakit demam berdarah.

 

8. Rotavirus

Virus ini bisa menyebar dengan sangat cepat dan menyebakan penyakit diare yang parah pada bayi dan anak kecil. Bahkan penelitian mengkonfirmasi bahwa penyakit ini banyak menyebabkan kematian di negara berkembang.