Sejarah : Pax Romana (Perdamaian Romawi)

Sejarah : Pax Romana (Perdamaian Romawi)

Sejarah dunia telah menyaksikan banyak peristiwa yang telah mengubah dunia. Beberapa di antaranya telah mengubah cara pandang manusia tentang dunia dan telah membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan manusia.

Diambil dari bahasa Latin yaitu “Perdamaian Romawi” atau disebut Pax Romana ialah periode kedamaian selama 200 tahun di dalam Kekaisaran Romawi. Pastinya hal ini ialah pencapaian yang luar biasa untuk sebuah kerajaan yang terkenal haus akan perang.

Periode Pax Romana adalah puncak hegemoni Kekaisaran Romawi. Banyak inovasi yang dikembangkan masa itu dan masih berguna sampai sekarang. Seperti sistem pos, perbaikan jalan, sistem hukum baru, dan berbagai kemajuan budaya lainnya.

Pada saat itu Pax Romana dianggap sebagai mukjizat, karena tidak pernah ada kedamaian untuk waktu yang begitu lama dalam periode sejarah mana pun. Konsep itu sangat berpengaruh dan para sejarawan telah menciptakan istilah-istilah seperti Pax Americana, Pax Mongolica, atau Pax Britannica untuk periode kedamaian hegemonik lainnya.

Kehidupan Sehari-hari Orang Romawi Sejak Pagi Hingga Malam

Tidak seperti orang Eropa utara di masa lalu dan sekarang ini. orang Romawi kuno memulai hari mereka lebih awal di pagi hari dan selesai bekerja pada sore hari. Sebab, akan terlalu panas untuk melanjutkan pekerjaan mereka di kemudian hari.

Dalam kehidupan Romawi kuno, kebanyakan ayah akan keluar di pagi hari untuk mengatur bisnis mereka untuk hari yang akan datang. Adapun nyonya rumah tangga atau pelayannya yang menggunakan waktu itu untuk mengerjakan tugas-tugas rumah tangga.

Bergantung pada kekayaan orang tua mereka, anak-anak harus bangun pagi dan berpakaian sebagai persiapan untuk mendapatkan pelajaran dari guru atau orang tua mereka.

Kekayaan seperti ini memberi wanita elite Romawi kuno banyak pilihan warna dan kain untuk mereka pakai. Beberapa pria juga memilih untuk mengenakan pakaian yang corak cerah.

Di kehidupan Romawi kuno, Pagi hari ialah waktu tersibuk. Rumah mereka akan dipenuhi anggota keluarga yang berlarian dan staf dapur yang sangat sibuk. Meskipun pada zaman Romawi sarapan bukanlah urusan besar.

Menu makan siang mereka yang sederhana untuk keluarga Romawi kuno biasanya sarapan dengan roti, kacang-kacangan, ikan haring, dan bawang. Keluarga yang lain biasanya juga makan buah zaitun, buah ara, dan salad – mirip dengan orang-orang Italia saat ini.

Baca Juga : Peristiwa Bersejarah di Dunia : Kisah 47 Ronin