Asal Usul Dan Misteri Dibalik Gunung Sumeru!!

Asal Usul Dan Misteri Dibalik Gunung Sumeru!!

Gunung Sumeru merupakan gunung yang dikenal sebagai paku bumi ditanah jawa hingga Ranu Kumbolo. Gunung Sumeru merupakan gunung berapi kerucut sekaligus gunung yang tertinggi terletak pada pulau Jawa. Loakasi pada gunung ini mencakup dua kabupaten sekakigus, Kabupaten Malang dan Kabupaten Luamajang, Terletak Provinis Jawa Timur.

Puncak Gunung ini atau di sebut dengan Mahameru berada pada ketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut (mdpl). Dengan ketinggian itu menjadikan gunung ini di nobatkan sebagai yang paling tinggi ke-3 dari indonesia. Begitu banyak tempat di pulau Jawa, yang menajadi objek utama adalah Gunung Semeru. Memiliki misteri mengerikan yang belum dipecahkan sampai saat ini.Bukan hanya itu bahkan, asal-usul dari Gunung ini juga dikait-kaitkan dengan sejumlah legenda. Ledenda yang kita dengar pada waktu dulu hingga sampai sekartang sudah turun temurun diyakini masyarakat sekitar.

Asal Usul Gunung Sumeru

Konon katanya dahulu kala, Gunung Semeru ini dianggap sebagai Paku Bumi di Tanah Jawa oleh leluhur. Paku bumi ini yang terletak pada gunung tersebut membuat Pulau Jawa menjadi seimbang dan stabil hingga saat ini. Ada pada dalam Kitab Tantu Panggelaran contohnya. – “Disebutkan bahwa Gunung ini merupakan bagian yang melekat dari Gunung Meru ada di Negara Wilayah India“.

Disebutkan juga oleh guru kunci. Bahwa puncak yang terletak pada Gunung Meru di Negara India sengaja dibawa Dewa Brahma dan Dewa Wisnu ke Tanah Jawa di jadikan sebagai paku bumi, tiang atau pasak bumi. Dahulu kala Pulau Jawa sering sekali terombang-ambing di lautan dikarekana tidak ada penekannya. Lalu datanglah seorang penyelamat, ia bernama Bhatara Guru. Lantas Bhatara langsung meminta kepada sabng Dewa Brahma dan Dewa Wisnu supaya Pulau Jawa bisa dihuni oleh penduduk manusia.

Sebelum permintaan itu dikabulkan, maka segerala di buat penekana untik Pulau Jawa agar tidak terombang-ambing. Maka dari ajuan itulah,Sang Dewa Wisnu dan Dewa Brahma langsung membawa puncak Gunung Meru yang terletak di Negara India untuk menjadi paku bumi di Tanah Pulau Jawa.

Siapa sangka pada awalnya puncak Gunung Sumeri itu akan diletakkan pada bagian Pulau Jawa Barat. Namum keputusan tersebut membuat bagian Jawa timur terangkat sehingga tidak seimbang. Kemudian diangkatlah Gunung tersebut dan segera diletakkan pada bagian Pulau jawa Timur, sama seperti sebelumnya. Jika di letak pada bagian barat, dibagian timurlah terangkat, dan dijika bagian timur di letakkan gunung tersebut, maka bagian barat lah terangkat.

Pada akhirnya para dewa memutuskna untuk membagi dua puncak Gunung ini. Yang satu diletakkan pada Jawa barat menjadi gunung Penanggungan. Dan yang satu lagi di letakkan pada bagian timur yaitu menjadu Gunung Sumeru.

Baca Juga: Super Unik, Gunung Berwarna Pelangi. Di Indonesia Juga Ada!