Gunung Berwarna Pelangi

Super Unik, Gunung Berwarna Pelangi. Di Indonesia Juga Ada !

Setiap sudut bumi memiliki banyak sekali fenomena alam yang aneh namun mempesona. Salah satu yang unik adalah fenomena gunung berwarna pelangi. Sesuai namanya, gunung-gunung ini terlihat berwarna-warni seperti pelangi, tak seperti gunung yang ada pada umumnya. Diketahui fenomena alam ini disebabkan oleh adanya berbagai mineral yang telah terkompresi dan terkikis selama jutaan tahun.

Dilansir dari laman Geology Science, fenomena gunung pelangi adalah contoh luar biasa dan bentuk keindahan alam  menakjubkan yang bisa kamu temui dibanyak tempat didunia. Gunung Pelangi adalah bukti kekuatan alam luar biasa yang dapat membentuk bumi. Fenomena tersebut juga dapat menambahkan penawaran yang luar biasa dan unik kedalam sejarah geologis daerah tersebut.

Berikut gunung-gunung pelangi yang ada di dunia

Vinicunca, Peru

Disebut juga dengan Mountain of Seven Colours, Vinicunca berlokasi di Pegunungan Andes, Peru. Pegunungan ini memiliki ragam warna mulai dari biru kehijauan hingga keunguan juga merah tua hingga emas.

Keindahan dari warna-wara tersebut dihasilkan dari melelehnya es yang menutupi area ini. Air es yang bercampur dengan mineral ditanah berubah menjadi berbagai warna. Untuk area berwarna merah dihasilkan oleh campuran karat dan warna kuning yang dihasilkan oleh besi sulfida.

Taman Geologi Landform Zhangye Danxia, China

Jadi gunung pelangi yang paling terkenal, Gunung Pelangi ini ada di Taman Geologi Landform Zhangye Danxia, China. Pegunungan ini memiliki serangkaian batu pasir dan endapan mineral yang terbentuk dari 24 juta tahun yang lalu.

Warna-warna ini dihasilkan oleh oksidasi besi dan mineral lainnya yang menciptakan garis merah, jingga, kuning, hijau dan biru yang indah. Taman yang sudah dikelola menjadi tempat wisata ini memiliki jalur pendakian dan anjungan pandang yang memungkinkan pengunjung untuk melihat lebih dekat formasi warna-warna tersebut. Untuk para penggemar fotografi yang tertarik pada lanskap warna-warna cerah, tempat ini jadi tujuan populer.

Gunung Landmannalaugar, Islandia

Gunung Landmannalaugar di Islandia ini memiliki warna indah merah, emas, jingga dan tosca. Untuk bisa sampai kepegunungan ini kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih empat hari dan kamu harus melewati cagar alam Fjallabak.

Perjalanan panjang yang kamu lalui tentunya tidak akan sia-sia. Semua akan terbayarkan dengan melihat panorama indah gunung pelangi ini. Tak hanya itu, Gunung Landmannalaugar ini juga memiliki mata air panas yang berasal dari panas bumi. Kamu bisa melepaskan penat perjalanan di mata air tersebut dan menikmati kesegaran alaminya.

Vermilion Cliffs, Arizona, AS

Berlokasi di Arizona, Amerika Serikat, Gunung Pelangi ini bernama Vermilion Cliffs. Daerah gunung ini memiliki penampakan garis-garis dengan warna dasar merah kecoklatan dan diselingi warna jingga dan emas. Kawasan indah ini cukup terpencil dan sepi. Sekarang Vermilion Cliffs telah menjadi Monumen Nasional.

Kelabba Maja, NTT, Indonesia

 

Dinegeri tercinta kita, Indonesia mempunya gunung pelangi Kelabba Maja. Tepatnya berada di kawasan Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Terlihat seperti berada di Mars, begitulah yang akan kamu rasakan saat memasuki wilayah ini. Didominasi dengan warna coklat kemerahan, gunung ini terkadang juga menampilkan perpaduan merah, coklat , putih dan biru.

Baca Juga : Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah Dunia

Bagi masyarakat sekitar, gunung dengan panorama indah ini dianggap suci. Kelabba Maja dianggap sebagai tempat dimana Dewa Maja berada. Masyarakat membuat ritual setiap tahunnya dikawasan gunung ini. Ritual penyembelihan hewan dilakukan untuk persembahan dan meminta perlindungan dari Dewa Maja.