Gunung Berapi Paling Berbahaya

Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah Dunia

Gunung Api adalah rekahan pada kerak bumi tempat keluarnya lelehan batuan cair yang disebut magma dan gas atau cairan lainnya ke permukaan bumi. Kata Volcano berasal dari sebuah pulau Romawi kuno. Bangsa Romawi kuno percaya bahwa dewa api dan pembuat senjata menggunakan gunung api dipulau tersebut.

Gunung berapi dianggap berbahaya karna aktifitas gunung berapi yang sulit untuk diprediksi. Dengan melihat akibat dari letusan yang pernah terjadi sebelumnya, beberapa gunung berapi aktif dianggap paling berbahaya didunia.

Baca Juga : Dibuka kembali, ini sejarah gunung bromo yang terbakar

Berikut 6 gunung berapi aktif yang di anggap paling berbahaya didunia

1. Gunung Mauna Loa, Hawaii

Pulau Hawaii yang terkenal dengan keindahannya, konon katanya berasal dari letusan gunung berapi, salah satunya adalah Gunung Mauna Loa. Dengan Ketinggian 4.169 m, gunung ini dinilai memiliki letusan terbesar. Di tahun 1926 dan 1950 erupsi dari gunung tersebut menghancurkan sebagian kota Hilo, Hawaii. Gunung ini terakhir erupsi pada tahun 2022.

2. Gunung Merapi, Indonesia

Merapi merupakan gunung paling aktif di Indonesia yang memiliki ketinggian 2.698m ini termasuk yang paling berbahaya didunia. Gunung Merapi terakhir erupsi di tahun 2010 dan memakan korban sebanyak 353 jiwa. Gunung ini terus aktif sejak tahun  1548. Pada bulan desember 2022, melansir dari magma.esdm, Gunung Merapi memasuki level III (Siaga) dengan laporan Gunung api terlihat jelas.

3. Gunung Vesuvius, Italia

Vesuvius adalah gunung yang berdiri di kota Campania. Gunung dengan ketinggian 1.281m, Gunung Vesuvius ini merupakan satu-satunya gunung berapi yang aktif di Italia. Pernah meletus ditahun 79 Masehi, Gunung ini menghancurkan kota Pompeii dengan abu, hujan Vulanik dan awan panas.

4. Gunung Sakurajima, Jepang

Gunung yang berdekatan dengan gunung Fuji di Jepang ini juga merupakan salah satu gunung berapi yang paling berbahaya didunia. Erupsi gunung ini merupakan ancaman yang besar bagi penduduk Tokyo. Akibat dari erupsi di tahun 1914, gunung ini mengeluarkan banyak lava yang menyambung pulau Sakurajima dengan pualu daratan Utama.

Ditahun 2013, Gunung ini kembali meletus dari kawah Showa dan menghasilkan kepulan abu tertinggi sejak tahun 200 yang naik sekitar 5.000 meter. Hal tersebut menyebabkan kegelapan dah abu yang signifikan jatuh d bagian tengah kota Kagoshima.

5. Gunung Huaynaputina, Peru

Huaynaputina yang berada di Peru, Amerika Selatan ini,  pernah meletus dan mengakibatkan peristiwa yang sulit dipercaya. Akibat dari letusan gunung tersebut, bumi pernah tertutup asap tebal selama berbulan-bulan pada tahun 1600. Kabarnya letusan tersebut juga memakan korban jiwa sebentak 1.600 korban.

6. Gunung Thera, Yunani

Thera adalah gunung berapi yang berada di Pulau Santorini, Yunani. Gunung Thera pernah meletus sekitar 413 tahun yang lalu atau sekitar tahun 1610an. Letusan yang terjadi cukup dahsyat dimuka bumi hingga menyebabkan berubahnya suhu di dunia.