Penyakit Yang Pernah Menjadi Wabah Didunia!!

Penyakit Yang Pernah Menjadi Wabah Didunia!!

Wabah penyakit yang banyak menjadi trending topik adalah virus corona berasal dari Wuhan, China. Sepanjang sejarah masih banyak wabah yang terancam masuk ke kehidupan manusia. Namun siapa sangka banyak wabah penyakit yang wajib kamu ketahui didunia ini.

Selain Covid-19, Bumi kita ini pernah di landa wabah yang mengerika, simak ulasannya di bawah ini:

Wabah Yang Terdeteksi Menjadi Penyakit Mengerikan

Kolera

Penyakit wabah itu terjadi pada tahun 1817-1823. Pertama kali dari Jessore, Negara India. Wabah yang menyebar luas ini di mulau dari sungai Gangga. Menyebarnya penyakit ini hingga ke Negara Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika Utara.

Seorang dokter di Inggris yang bernamaa John Snow telah berhasil melacak bahwa penyebab wabah ini adalah air yang tercemar dengan kotor. Hal ini di sebabkan oleh oleh bakteri jenis Vibrio cholerae yang menginfeksi seluruh saluran cerna yaitu usus halus pada tubuh manusia.

Flu Hongkong

Dimulai menginfeksi pertamakali di Negara terkenal dengan teknologi maju, Hongkong. Pada tahun 1968 dan berlangsung sampai tahun 1970, hal ini 2 tahun melukai masyarakat dunia yang terlibat.

Penyebab dari virus ini adalah influenza A tipe H3N2. Kasus wabah “Flu Hongkong” pertama kali sudah di laporakan pada tanggal (13 Juli 1968) . Lalu setelah itu, hanya membutukan waktu tiga bulan virus ini telah menyerang Masyarakat di Negara Singapura, Vietnam, Filipina, India, Australia, Eropa, Sampai ke Amerika Serikat.

Total kematian dari wabayh ini mencapai 1 juta jiwa yang terkorbankan. Infeksi yang menyebabkan gejala pernapasan tubuh manusia bagian yang menyalur ke hidung atas khas influenza. Gejalanya penyakit ini menggigil, demam, dan nyeri otot. Serta gejala-gejala ini biasanya berlansung selama 4-6 hari.

SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome)

Nah yang terakhir ini, bagi anak yang lahir pada tahun 2002-2003 sungguh sangat malang denga hadirnya Virus Wabah mematikan ini. Tetapi jangan salah, ternyata penyakit ini di sebabkan oleh Coronavirus.

Wabah ini berasal dari provinsi Guangdong, Negara China. Dan hal ini menjadikan pandemui karena dalam waktu yang sangat cukup singkat telah menyebar ke berbagai negara. Jika di jumlahkan, berujmlah 26 negara seluruh dunia.

Cukup mengerikan bukan Wabah yang terjadi di dunia, Lihat juga Wabah dengan asal usul serta penyebabnya: Asal Usul Virus Corona, Virus Penyebab Wabah Covid-19