Fakta Manarik Tentang Albert Einstein

Fakta Manarik Tentang Albert Einstein

Albert Einstein adalah seorang fisikawan teoretis kelahiran Jerman, yang secara luas dianggap sebagai salah satu fisikawan terhebat. Seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang masa.

Terkenal karena mengembangkan teori relativitas, Ia juga memberikan kontribusi penting pada mekanika kuantum, dan dengan demikian merupakan tokoh sentral dalam pembentukan kembali pemahaman ilmiah tentang alam secara revolusioner yang dicapai fisika modern pada dekade pertama abad ke-20.

Rumus kesetaraan massa-energinya E = mc2, yang muncul dari teori relativitas, disebut sebagai “persamaan paling terkenal di dunia”. Ia menerima Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1921 “atas jasanya terhadap fisika teoretis, dan khususnya atas penemuan hukum efek fotolistrik”, sebuah langkah penting dalam pengembangan teori kuantum.

Karyanya juga dikenal karena pengaruhnya terhadap filsafat ilmu pengetahuan. Dalam jajak pendapat tahun 1999 terhadap 130 fisikawan terkemuka di seluruh dunia yang dilakukan oleh jurnal Inggris Physics World, Einstein menduduki peringkat fisikawan terhebat sepanjang masa. Prestasi intelektual dan orisinalitasnya membuat kata Einstein secara luas identik dengan jenius.

Selain dari itu ada beberapa fakta manarik tentang Einstein yang sangat tidak masuk akal dan tidak semua orang mempercayainya.

 

5 Fakta Unik Tentang Albert Einstein

 

1. Terlambat bicara
Ilmuan terkenal di dunia ini memiliki masa kecil yang berbeda dibandingkan dengan anak normal lainnya. Ketika umur 5 tahun, Ia masih belum lancar berbicara karena Ia terkena serangan sindrom asperger. Dia baru bisa bicara lancar di umur 7 tahun.

 

2. Digosipkan sering mendapatkan nilai F
Karena sistem penilaian yang bertolak belakang dengan zaman sekarang, Einstein harus mendapatkan tuduhan pahit. Anak pintar mendapat F, sedangkan yang tidak terlalu cerdas mendapatkan A.

Namun para penulis biografi salah mengartikan nilai Einstein tersebut. Sehingga Ia dicap sebagai murid yang bodoh saat di kelas. Sebenarnya Ia dia mampu mempelajari kalkulus di usia 12 tahun.

 

BACA JUGA : Thomas Alva Edison, Wizard of Menlo Park

 

3. Penemu kulkas
Penemuan tidak sengaja ini dilakukannya bersama ahli fisika berkebangsaan Hungaria, Leo Szilard. Di tahun 1926, dia membantu sang fisikawan untuk membuat peralatan dapur bernama, absorption refrigerator.

 

4. Menolak menjadi presiden
Perdana menteri Israel , David Ben-Gurion pernah menawarkan Einstein untuk menjadi presiden untuk negara baru bernama Israel pada tahun 1952. Namun karena faktor umur yang sudah tua, Ia menolak tawaran tersebut dengan sopan dan Dia mengaku tidak cocok dengan dunia politik.

 

5. Otak Einstein ternyata dicuri
Saking penasaran dengan otak Einstein, Dr. Thomas Harvey, seorang ahli patologi berani mengambil otak Einstein secara ilegal. Tidak hanya otak, Dia juga mencuri bola matanya dan memberikannya ke dokter mata kepercayaan Einstein, Henry Adams.

 

Selain dari yang disebutkan diatas, masih banyak fakta menarik lainnya tentang Einstein yang tak kalah menarik.