Thomas Alva Edison, Wizard of Menlo Park

Thomas Alva Edison, Wizard of Menlo Park

Thomas Alva Edison adalah seorang penemu dan pengusaha Amerika. Ia mengembangkan banyak perangkat di berbagai bidang seperti pembangkit tenaga listrik, komunikasi massa, rekaman suara, dan film. Penemuan-penemuan ini, termasuk fonograf, kamera film, dan versi awal bola lampu listrik, mempunyai dampak luas pada dunia industri modern.

Dia adalah salah satu penemu pertama yang menerapkan prinsip-prinsip ilmu terorganisir dan kerja tim dalam proses penemuan, bekerja dengan banyak peneliti dan karyawan.

Pada 1876, Thomas Alva Edison membangun sebuah laboratorium di Menlo Park, New Jersey. Dari berbagai penemuannya di laboratorium ini, Ia mampu mengubah kehidupan orang banyak dan mendapat julukan sebagai “Wizard of Menlo Park”.

Si penyihir Menlo Park ini merupakan salah seorang yang mengakui banyak reka cipta orang lain dan orang pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses reka cipta.

 

Perjalanan Hidup Thomas Alva Edison

 

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847. Masa kecil Edison memiliki pengaruh besar pada kesuksesannya. Bukan karena pintar di sekolah, justru pada masa Ia sekolah Edison selalu mendapat nilai yang buruk. Sehingga ibunya memberhentikannya dari sekolah dan mengajar sendiri di rumah.

BACA JUGA : 8 Virus Paling Mematikan Dalam Sejarah Sebelum Virus Corona

Karena Ia lebih leluasa di rumah, Edison kecil dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri. Bahkan pada masa kecilnya Ia pernah menjadi kepala mesin telegraf yang penting, di New York.

Pada tahun 1870, Ia mereka cipta mesin telegraf yang lebih baik yang dapat mencetak pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Penghasilan yang Ia dapat dari reka ciptanya itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri.

Edison pindah ke Menlo Park, New Jersey Pada tahun 1874. Disana Ia membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Kemudian, pada tahun 1877 Ia menemukan fonograf. Pada tahun 1879 berhasil mereka cipta lampu listrik kemudian Ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil.

Tahun 1882 Ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan dan pada tahun 1890, Edison mendirikan perusahaan General Electric. Pada tanggal 18 Oktober 1931, Thomas Alva Edison meninggal dunia karena komplikasi diabetes.